Mengenal Jenis, Karakteristik dan Cara Merawat Kain Jacquard

11:47 PM
Kain Jacquard
Kain Jacquard - Image Courtesy of Matahari-textile.com

Kain Jacquard adalah kain yang memiliki pola/motif yang ditenun menjadi kain. Kain bermotif tersebut bukan hasil dari proses cetak diatasnya, melainkan dihasilkan dari proses tenun.

Kain Jacquard dibuat dengan menggunakan metode khusus dalam menenun kain berpola, yaitu dengan menggunakan mesin tenun Jacquard yang dinamai seperti nama penemunya; Joseph Marie Jacquard. [1]

Dengan menggunakan mesin Jacquard, motif kain yang dihasilkannya pun sangat beragam. Mulai dari motif geometris sampai dengan motif bunga.

Selain itu, karakteristik kain Jacquard ini memiliki lapisan kain yang berkilap dan licin serta tampak sedikit berkilau. Sehingga, tidak sedikit orang yang menyukai jenis kain Jacquard ini.

Bahan yang digunakan untuk membuat kain Jacquard itu sendiri banyak sekali macamnya, beberapa diantaranya ada yang menggunakan bahan katun, sutra, wool, linen, dan polyester. Namun yang paling sering ditemui dipasaran adalah kain jacquard yang dibuat dari bahan polyester.

Saat ini terdapat mesin tenun jacquard dengan teknologi timbul yang menjadikan kain Jacquard biasa menjadi tampak lebih cantik, yaitu dengan teknik finishing kerut atau timbul dan sebagainya.

Kain Jacquard yang telah melalui proses finishing dengan efek kerut atau timbul (emboss) disebut Jacquard Wrinkle Embossed.

Kain Jacquard Wrinkle Embossed
Jacquard Wrinkle Embossed - Image Courtesy of www.globaltextiles.com

Kain jenis ini biasa dijadikan salah satu bahan untuk busana pengantin, dress, gaun malam, ataupun busana muslimah.

Jacquard dengan tekstur kerut dan emboss motif Paisley ini memberikan kesan mewah untuk setiap detailnya, selain itu kain ini juga sangat fleksibel.

Terdapat juga jenis kain Jacquard Quilting yang biasa digunakan untuk bahan springbed. Kain ini memiliki serat yang tebal serat kain lebih padat dan terlihat lebih glossy dengan motif emboss (timbul) sehingga terlihat sangat mewah.

Kain Jacquard Quilting
Kain Jacquard Quilting - Image Courtesy of Aliexpress.com

Kain jenis ini terbuat dari bahan 100% cotton sehingga sangat dingin, lembut, tidak luntur dan tidak berbulu. Selain itu, kain jenis Jacquar Quilting memiliki warna yang sama antara motif dan background sprei.

Kain Jacquard Chinese
Kain Jacquard Chinese - Image Courtesy of www.chinese-fashion.com

Selain bahan yang disebutkan, ada juga jenis kain Jaquard motif timbul China yang disebut Jacquard Chinese. Kain ini biasanya digunakan untuk membuat busana khas China yang biasa disebut Cheongsam.

Untuk perawatan kain Jacquard, pada saat menyetrika sebaiknya menggunakan setrika uap; hal ini akan lebih memudahkan Anda dalam menyetrika. Hindari penggunaan setrika besi.
Previous
Next Post »